10 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Dengan Mudah

cara mengatasi laptop lemot windows 10
cara mengatasi laptop lemot windows 10

BERITAMANDIRI.COM - Pada kesempatan kali ini, Beritamandiri akan membagikan cara mengatasi laptop lemot Windows 10 dengan mudah. Kamu bisa mempraktekan cara berikut agar dapat terhindar dari laptop yang lambat. 

Terlebih lagi, cara mengatasi laptop lemot windows 10 juga sangat mudah. Kamu bisa mencoba cara berikut melalui laptop yang kamu miliki.

Sebaiknya kamu menerapkan cara yang Beritamandiri bagikan ini secara berkala. Tujuannya agar laptop kamu tidak lemot dan bisa digunakan dengan lancar.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Tercatat, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi permasalahan laptop lemot. Berikut Beritamandiri telah merangkum solusinya di bawah ini. 

1. Matikan Program yang tidak Berguna

cara mengatasi laptop lemot windows 10 tanpa instal ulang yang pertama yakni mematikan program yang kiranya tidak berguna. 

Jadi saat penginstalan program, terkadang ada program yang kamu install akan aktif dengan sendirinya di startup ketika komputer dinyalakan. Walaupun program tersebut tidak sedang kamu gunakan.

Hal inilah yang menyebabkan Windows 10 lemot ketika proses booting. Bahkan saat booting, windows 10 menjadi lebih lama dari biasanya.

Karena perlu menunggu semua program yang aktif di startup selesai berjalan. Oleh karena itulah, kamu wajib mendisable semua program yang tidak berguna. 

Cara mengatasi windows 10 lemot saat startup bisa melalui cara berikut.

  • Silahkan tekan Windows+R
  • Kemudian ketikkan msconfig 
  • Setelah itu klik enter. 
  • Terakhir disable program yang gak jelas fungsinya. 

2. Bersihkan File di Folder temp

cara mengatasi laptop lemot windows 10
cara mengatasi laptop lemot windows 10

Folder temp merupakan sebuah folder yang berada di local disk C. File pada folder ini merupakan file sementara hasil ekstrak sebuah program atau bekas editor desain corel, word dan lainnya. 

Jika folder tersebut tidak dihapus, maka file ini bisa berukuran hingga bergiga-giga. Hal ini tentu akan memakan memory laptop yang membuat windows akan semakin lemot.

Cara mengatasi laptop asus lemot windows 10 juga cukup mudah. Kamu bisa mengikuti tahapan berikut. 

  • Pertama silahkan tekan Windows+R pasa keyboard
  • Kemudian ketikkan %temp%
  • Selanjutnya tekan Enter 
  • Setelah itu klik Ctrl+A untuk mengeblok semua file
  • Terakhir tekan Shift+Del (untuk menghapus permanen).

3. Hapus Backup Windows Update

Ketika kita mengupdate windows ke versi yang terbaru, biasanya akan file backup windows akan tersimpan di hardisk. File tersebut sering disebut dengan windows old. 

Sebenarnya file ini tidak diperlukan lagi. Bahkan file tersebut bisa membuat kinerja laptop menjadi lemot.

Oleh sebab itulah, ketika selesai update windows, sebaiknya kamu menghapus file ini. Caranya yaitu cukup ketikkan Disk Cleanup di kotak pencarian Windows 10.

Setelah itu buka menu tersebut, kemudian pilih drive yang akan di analisis (misal Local Disk C). Kemudian klik OK dan tunggu hasilnya. Pastikan tercentang semua pada file to delete.

4. Bersihkan File di Folder Prefetch

Cara mengatasi laptop lemot windows + R yakni dengan membersikan file yang ada di folder prefetch. File ini juga merupakan file sampah yang wajib kita hapus.

Untuk menghapusnya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

  • Pertama tekan tombol windows+R
  • Kemudian ketik prefetch lalu enter
  • Jika ada notifikasi permintaan ijin administrator, klik OK saja. 
  • Terakhir, silahkan hapus semua file yang ada di folder prefetch.

5. Lakukan mendfrag Partisi

Secara umum, defragment drive berfungsi untuk menata file yang ada di drive agar lebih mudah dibaca oleh Windows.

Sehingga nantinya windows 10 menjadi lebih cepat dalam membaca file di memory atau drive setiap partisi. Cara melakukan defrag partisi yakni sebagai berikut. 

  • Buka windows explorer (Windows+E)
  • Kemudian klik kanan pada local disk (C)
  • Silahkan pilih properties, 
  • Setelah itu klik pada menu Tool,
  • Kemudian klik optimize pada bagian optimize and defrag drive. 
  • Jika tab Optimize drive sudah terbuka, maka langkah terakhir klik Optimize untuk setiap partisi
  • Terakhir silahkan tunggu sampai muncul tulisan “OK (0% fragmented)”. 

6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu 

Cara mengatasi windows 10 lemot di ram 2gb yakni dengan menghapus semua aplikasi atau program yang tidak berguna. 

Biasanya aplikasi yang tidak berguna akan memakan memori CPU dalam jumlah banyak. Hal ini membuat beban CPU dan memori jadi lebih berat. 

Jika hal tersebut dibiarkan, maka laptop kamu akan jadi lemot dan lambat untuk digunakan. Oleh karena itulah, kamu wajib menginstal semua aplikasi yang kiranya tidak diperlukan dan jarang dipakai.

Kamu bisa masuk ke menu Control Panel. Kemudian cari aplikasi yang akan kamu Uninstall. Hapus semua aplikasi yang tidak diperlukan.

7. Matikan Visual Efek yang Tidak Perlu

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 yakni dengan mematikan efek visual. Jadi pada pengaturan windows 10 pada bagian Performance, biasanya windows akan secara otomatis memilih efek yang terbaik. 

Hanya saja kadang efek tersebut membuat kinerja laptop jadi lemot dan loading jadi lama. Karena itu kamu perlu mematikannya dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama buka Windows Explorer
  • klik kanan pada This PC, kemudian klik properties. 
  • Selanjutnya pilih Advanced System Settings.
  • Perhatikan pada bagian performance, silahkan pilih setting.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa ubah ke custom. 
  • Silahkan pilih visual efek mana yang akan kamu gunakan.

8. Bersihkan Memori 

Cara mengatasi laptop lemot Acer dan merek lainnya yakni dengan membersihkan memori hardisk. File yang tersimpan dalam memori kadang membuat beban kerja menjadi berat.

Hal inilah yang memungkinkan proses loading menjadi lebih lama dari biasanya. Karena itu, kamu wajib membersihkan memori hardisk. 

Bahkan jika perlu, kamu bisa memindahkan file yang kiranya tidak perlu ke memori lokal. Dengan begitu, maka laptop kamu akan terhindar dari yang namanya lemot.

9. Gunakan SSD

Cara mengatasi windows 10 lemot di ram 4gb yakni dengan mengganti hardisk ke SSD. Tidak dapat dipungkiri bahwa SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat ketimbang hardisk. 

Dengan kecepatan SSD, maka proses booting, buka file, buka aplikasi akan jauh lebih cepat. Hal ini memungkinkan kinerja Laptop akan jauh lebih cepat dan kamu tidak akan merasa terganggu.  

10. Pasang Antivirus

Terakhir, kamu bisa memasang antivirus yang berkualitas untuk laptop kamu. biasanya antivirus akan membersihkan file-file sampah serta aplikasi yang tidak berguna. 

Dengan memakai antivirus, maka memori ram dan penyimpanan hardisk dapat terjaga. Hal inilah yang membuat laptop kamu menjadi lebih cepat. 

Sebenarnya dengan menggunakan antivirus bawaan di windows 10 sudah sangat ampuh. Hanya saja agar tetap maksimal, kamu perlu mengupdate antivirusnya secara berkala.

Penutup

Demikian beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang dapat Beritamandiri bagikan. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas agar terhindar dari laptop yang lemot. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url